Live Shopping

Fenomena Live Shopping, Era Baru Promosi Produk

Ada yang pernah melakukan belanja lewat live shopping? Atau justru masih terdengar asing untuk anda?

Apa itu Live Shopping?

Live Shopping adalah aktivitas penjual melakukan siaran belanja secara langsung. Konsumen, atau penonton siaran belanja, dapat berkomunikasi tentang produk yang dijual, mulai harga hingga bahan barang yang digunakan. Siaran langsung ini biasanya tidak berlangsung lama. Penjual memberi batas waktu tertentu. Jadi proses menjual-membeli berlangsung saat siaran berlangsung saat itu juga.

Platform Berlomba Sediakan Fitur Live Shopping

Banyak aplikasi marketplace yang kini menyediakan fitur live shopping. erawal marketplace Lazada dan setelahnya¬† marketplace lain seperti Shoppe, Bukalapak, hingga Tokopedia. Apakah hanya ketiga mrketplace tersebut yang menyediakan fitur live shopping? Tentu tidak. Instagram maupun TikTok kini mulai memiliki fitur “live” yang tak lain sebagai tempat melakukan interaksi live shopping. Dengan adanya fitur live shopping pelaku usaha harus mampu melihat produk apa saja yang saat ini sedang “naik daun” di masyarakat. Sepanjang tahu 2020, tren live shopping paling “ramai” adalah produk kecantikan, setelah itu produk kesehatan pada posisi kedua.

Keuntungan Live Shopping

Pelaku usaha mendapat keuntungan dari memanfaatkan sistem live shopping adalah anda yang mampu mengukur antusiasisme masyarakat pada produk yang kamu jual. Keuntungan kedua, cara belanja seperti ini menciptakan interaksi yang lebih personal antara penjual dengan pembeli. Penjual bisa membawa suasana live shopping dengan lebih nyaman kepada pembeli seperti melemparkan lelucon, sehingga kegiatan tidak terasa membosankan. Selanjutnya, penjual punya banyak opsi saat menampilkan produk jualan. Penjual bisa menggunakan tempat atau cerita yanng berbeda setiap live shopping. Keuntungan keempat, konsumen dapat melihat secara langsung barang yang pada siaran berlangsung. Jika melalui online shop pembeli bingung atau menerkan-nerka barang apakah sesuai dengan tipenya. Tapi, live shopping mampu memudahkan pembeli untuk melihat detail produk.

Apa Tips Prnjual yang Melakukan Live Shopping?

Kunci dari melakukan siaran live shopping adalah “Promosi, interaksi dan, transaksi”. Sebuah strategi yang bisa digunakan dan memberi sesuatu yang berbeda untuk konsumen. Anda sebagai penjual, live shopping bisa mengukur antusiasisme audiens pada produk yang anda jual. Jumlah penonton yang melihat live shoppingmu bisa menjadi tolak ukur seberapa antusias audiens terhadap produk yang anda jual.
LinkedIn
Share
Telegram
WhatsApp